Berita Utama

MENYAMBUT TAHUN ANGGARAN 2019, DESA ADISARA GELAR MUSRENBANGDES

Dilihat : 706 Kali, Updated: Jumat, 07 September 2018
MENYAMBUT TAHUN ANGGARAN 2019, DESA ADISARA GELAR MUSRENBANGDES

     Jumat malam ( 07/09/2018 ), Pemerintah Desa Adisara beserta BPD menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (  MUSRENBANGDES ) untuk Tahun Anggaran 2019. Acara ini dihadiri oleh perwakilan lembaga desa dan masyarakat meliputi pengurus LPMD, KPMD, PKK, P2A, P3A, RT/RW, Posyandu, Tokoh Adat Budaya dan Karang Taruna. Sedangkan dari unsur Kecamatan diwakili oleh Pendamping Desa yaitu Bapak Irfan Faozani ( bidang pemberdayaan ) dan Bapak Amin ( pendamping lokal desa ).

 

     Acara diawali dengan sambutan Kepala Desa Adisara, Bapak Bambang Riyanto, yang pada kesempatan ini beliau mengajak seluruh tamu undangan untuk berpartisipiasi aktif dalam MUSRENBANGDES serta menyampaikan gagasan awal tentang pendirian BUMDes. Sedangkan sambutan kedua yaitu perwakilan pendamping desa, Bapak Irfan Faozani, beliau menyampaian pentingnya MUSRENBANGDES sebagai wadah penyampaian ide-ide untuk memajukan desa dan apabila ada agenda kegiatan pembangunan/pemberdayaan yang belum dilaksanakan karena belum ter-cover dana dapat diprioritaskan di Tahun Anggaran 2019.

 

     Setelah sesi sambutan dari Kepala Desa dan unsur kecamatan, acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian usulan. Perwakilan LPMD, Agus Triono menyampaikan usulan terkait pemeliharaan jalan desa serta  optimalisasi partisipasi lembaga-lembaga desa dalam kegiatan pembangunan desa. Selanjutnya Ketua P3A, Nasam Suwignyo, menyampaikan usulan mengenai saluran irigasi dan program terpadu lainnya untuk petani. Sedangkan  Ketua Ranting NU Adisara, Bapak H. Syamsul mengapresiasi pemberian insentif untuk takmir masjid/ mushola dan pengajar TPQ yang sudah berjalan, namun beliau juga mengusulkan untuk pemberian insentif bagi petugas kebersihan Masjid serta mengusulkan instalasi penerangan Jalan Raya Desa Adisara. Di kesempatan berikutnya, Bapak Mauludin selaku anggota BPD mengusulkan perbaikan tiang listrik dan jaringannya karena sudah sering mengalami korsleting terlebih jika memasuki musim penghujan.

 

     Diakhir acara Kepala Desa Adisara sangat mengapresiasi usulan yang telah disampaikan dan akan memprioritaskan di tahun depan. Khusus untuk usulan penerangan Jalan Raya Desa Adisara sudah ada rencana realisasi dari Bupati Banyumas. Musrenbang diharapkan menjadi momen kolaborasi yang produktif dari lembaga publik yaitu pemerintah desa, yang bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Sehingga akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.(asf10)

 

---000---
Mari berkontribusi untuk kemajuan Desa Adisara
dengan memberikan komentar atau saran yang positif dan membangun.
---000---

Related Posts

Komentar